June 20, 2024

Ekonomi Kita

Find Your Financial

Mahasiswa dan Dunia Usaha: Membuka Peluang Baru Melalui UMKM

2 min read

Dalam era digital dan pasar yang terus berkembang, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bukan hanya menjadi elemen penting dalam perekonomian, tetapi juga menawarkan peluang yang menarik bagi mahasiswa yang ingin menjelajahi dunia kewirausahaan. Hal ini dikarenakan UMKM merupakan bentuk kewirausahaan yang dimiliki oleh perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kategori usaha mikro.

UMKM dapat disebut sebagai usaha kecil yang dapat melibatkan uang pribadi sebagai modal usahanya, oleh karena itu UMKM bisa dibilang cocok untuk para mahasiswa yang ingin melakukan kegiatan kewirausahaan dengan modal pribadi. Dengan tidak terlibat dengan pihak lain menjadikan UMKM memiliki kelebihan berupa fleksibilitas waktu dalam menjalankan usaha. Hal ini menjadi bukti bahwa dunia usaha berbasis UMKM dapat dilakukan oleh mahasiswa karena mengingat waktu perkuliahan seorang mahasiswa yang tidak memungkinkan untuk melakukan usaha dengan waktu tersusun.

Fleksibilitas lain yang ditawarkan oleh era digital dan pasar wirausaha yang terus berkembang yaitu ketersediaan platform e-commerce untuk wirausaha. Tidak dipungkiri bahwa UMKM tidak sempurna seperti usaha besar yang akan selalu ada dengan pelayanan dan fasilitas yang memadai. UMKM saat ini banyak yang mengelola bisnisnya dengan sistem online yang memanfaatkan platform-platform sosial media ataupun e-commerce sehingga memudahkan mahasiswa untuk melakukan promosi ataupun pengiriman barang, tentunya tanpa keluar biaya lebih.

UMKM memiliki sisi positif lain bagi mahasiswa yaitu guna sebagai laboratorium praktis bagi pengembangan keterampilan dan ide-ide kreatif yang akan dituang menjadi sebuah usaha. Dengan praktik wirausaha secara langsung, mahasiswa dapat belajar mengenai manajemen bisnis, pemasaran, keuangan, dan berbagai aspek lainnya yang akan memberikan pondasi untuk karir masa depan dalam dunia kewirausahaan.

Dengan memanfaatkan peluang UMKM ini, mahasiswa tidak hanya dapat menciptakan penghasilan tambahan, tetapi juga mengembangkan keterampilan yang berharga untuk masa depan. UMKM menjadi sarana yang potensial untuk mendorong semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan memperkaya pengalaman mereka selama masa studi.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.