June 20, 2024

Ekonomi Kita

Find Your Financial

Gen Z Mendominasi Angka Pengangguran di RI

1 min read


Sebuah penelitian baru menemukan bahwa generasi Z, yang memiliki rentang usia yang bervariasi, mendominasi jumlah kemiskinan di Indonesia. Temuan ini merupakan hasil analisis terhadap data ketenagakerjaan yang mencerminkan kondisi ekonomi dan pasar kerja saat ini.

Generasi Z, yang umumnya terdiri dari individu yang lahir antara akhir tahun 1990-an hingga awal 2010-an, menunjukkan tingkat kemiskinan yang signifikan. Meskipun rentang usia mereka bervariasi, penelitian menemukan bahwa mereka adalah kelompok yang paling rentan terhadap penurunan kemiskinan.

Penyebab dominasi generasi Z dalam angka kemiskinan dapat bervariasi, termasuk tantangan dalam memasuki pasar kerja yang kompetitif, kurangnya pengalaman kerja, dan ketidaksesuaian antara keterampilan yang dimiliki dengan tuntutan pasar kerja.

Para ahli menyarankan bahwa penting untuk memberikan perhatian khusus pada generasi Z dalam merumuskan kebijakan ketenagakerjaan dan program-program pelatihan. Dukungan yang tepat dari pemerintah, sektor swasta, dan lembaga pendidikan dapat membantu meningkatkan kesiapan dan keterampilan generasi Z dalam menghadapi tantangan pasar kerja.

Selain itu, pendekatan yang inklusif dan berkelanjutan perlu diterapkan untuk mengurangi tingkat kemiskinan generasi Z. Ini termasuk program-program pelatihan, magang, dan pendampingan yang dirancang khusus untuk membantu generasi Z memasuki dan bertahan dalam dunia kerja.

Dengan memahami tantangan yang dihadapi oleh generasi Z di pasar kerja, langkah-langkah konkret dapat diambil untuk meningkatkan peluang mereka dalam membangun karier yang berkelanjutan. Dengan demikian, generasi Z dapat menjadi bagian yang aktif dan produktif dalam pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia di masa depan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.