June 20, 2024

Ekonomi Kita

Find Your Financial

Bos OJK: AS Menahan Suku Bunga Tinggi, Ekonomi Tetap Stabil

1 min read

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar, menyampaikan tentang kebijakan suku bunga Amerika Serikat. Mahendra menyebutkan bahwa keputusan AS untuk mempertahankan suku bunga tinggi tanpa mempengaruhi penurunan ekonomi adalah hal yang menarik.

Menurut Mahendra, biasanya suku bunga tinggi akan menekan pertumbuhan ekonomi karena biaya pinjaman yang meningkat. Namun, dalam situasi ini, perekonomian Amerika Serikat justru tetap stabil dan tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan yang signifikan. Hal ini mengindikasikan adanya dinamika baru dalam perekonomian global yang perlu dicermati lebih lanjut.

Mahendra juga menyoroti dampak kebijakan moneter AS terhadap perekonomian global, termasuk Indonesia. Ia menegaskan pentingnya kesiapan Indonesia dalam menghadapi perubahan kebijakan ekonomi negara lain, terutama AS, karena dapat mempengaruhi aliran modal dan nilai tukar mata uang.

Selain itu, Mahendra menekankan bahwa OJK terus memantau kondisi pasar dan siap mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga stabilitas ekonomi dan keuangan di Indonesia. Ia juga mengingatkan para pelaku pasar dan masyarakat untuk tetap waspada dan terus mengikuti perkembangan ekonomi global.

Dengan demikian, pernyataan Mahendra ini menyoroti bagaimana kebijakan suku bunga AS yang tinggi saat ini tidak menyebabkan perlambatan perekonomian, suatu fenomena yang perlu dipahami dan diantisipasi oleh berbagai negara, termasuk Indonesia. Hal ini juga menggarisbawahi pentingnya kebijakan yang adaptif dan responsif dalam menghadapi dinamika ekonomi global.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.