June 20, 2024

Ekonomi Kita

Find Your Financial

Porsi Pengeluaran Masyarakat Berbeda-beda di Indonesia

1 min read

Sebuah studi terbaru telah mengungkap pola pengeluaran yang berbeda antara masyarakat kelas bawah, menengah, dan atas di Indonesia. Studi ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana pola konsumsi berubah seiring dengan kenaikan status sosial.

Menurut studi tersebut, masyarakat kelas bawah cenderung menghabiskan lebih banyak uang untuk kebutuhan pokok seperti makanan, tempat tinggal, dan pendidikan. Mereka juga cenderung menyisihkan sebagian besar penghasilan mereka untuk keperluan sehari-hari daripada masyarakat kelas menengah ke atas.

Sementara itu, masyarakat kelas menengah biasanya mengalokasikan sebagian besar pengeluaran mereka untuk kebutuhan seperti pendidikan, kesehatan, transportasi, dan rekreasi. Mereka juga cenderung memiliki tabungan dan investasi yang lebih besar dibandingkan dengan masyarakat kelas bawah.

Di sisi lain, masyarakat kelas atas cenderung menghabiskan lebih banyak uang untuk barang-barang mewah, seperti perhiasan, kendaraan mewah, dan liburan mewah. Mereka juga lebih sering melakukan investasi di bidang properti, saham, dan bisnis.

Studi ini menunjukkan bahwa pola pengeluaran masyarakat sangat dipengaruhi oleh status sosial dan ekonomi mereka. Pemahaman tentang perbedaan ini dapat membantu pemerintah dan perusahaan dalam merancang kebijakan dan strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran.

Dengan demikian, penting bagi kita untuk memahami bahwa setiap kelompok masyarakat memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda-beda. Dengan memperhatikan perbedaan ini, kita dapat lebih baik dalam menyusun program bantuan sosial dan produk atau layanan yang dapat memenuhi kebutuhan mereka secara efektif.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.