July 18, 2024

Ekonomi Kita

Find Your Financial

BEM UNAIR Diskusikan Pinjol Dari Perspektif Sosial & Ekonomi

1 min read

Diskusi yang diadakan oleh Kastrat BEM Universitas Airlangga mengenai fenomena pinjaman online (pinjol) telah menyoroti dampak sosial dan ekonominya. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kompleksitas permasalahan yang dihadapi masyarakat terkait praktik pinjol di Indonesia.

Pinjaman online telah menjadi fenomena yang menarik perhatian banyak pihak karena sering kali menimbulkan masalah bagi peminjam. Dalam diskusi tersebut, para mahasiswa menyoroti bahwa meskipun pinjol menawarkan kemudahan akses ke uang, tingginya suku bunga dan praktik pencarian yang agresif dapat melemahkan kondisi keuangan peminjaman.

Selain itu, dari segi sosial, praktik pinjol juga mempengaruhi kesejahteraan psikologis peminjaman karena tekanan dalam menyelesaikan hutang yang terus bertambah akibat bunga yang tinggi. Diskusi ini juga mengangkat isu bahwa pinjol sering kali menargetkan individu dengan tingkat pendapatan rendah yang rentan terjebak dalam lingkaran utang yang sulit untuk keluar.

Dalam konteks ekonomi, diskusi tersebut membahas bagaimana regulasi yang belum memadai memungkinkan operasi pinjol untuk beroperasi tanpa pengawasan yang memadai. Hal ini dapat membahayakan stabilitas keuangan individu dan juga perekonomian nasional secara keseluruhan.

Di akhir diskusi, peserta sepakat bahwa solusi jangka panjang untuk permasalahan ini adalah perlunya langkah-langkah regulasi yang lebih ketat, edukasi keuangan yang lebih baik, serta perlindungan konsumen yang lebih efektif. Semua pihak, termasuk pemerintah, lembaga keuangan, dan masyarakat, perlu bekerja sama untuk mengatasi dampak negatif dari praktik pinjol yang tidak bertanggung jawab.

Melalui diskusi ini, diharapkan kesadaran akan risiko dan dampak sosial-ekonomi dari pinjaman online meningkat, sehingga masyarakat dapat lebih waspada dan terlindungi dalam mengelola keuangan mereka di era digital ini.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.