July 18, 2024

Ekonomi Kita

Find Your Financial

Pakar Ekonomi UNAIR Tanggapi Perubahan Sistem UKT di PTN

1 min read

Sebuah pandangan yang dalam dari seorang pakar ekonomi Universitas Airlangga (Unair) menggarisbawahi perlunya reformasi dalam sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) di perguruan tinggi negeri (PTN). Beliau menyoroti bahwa saat ini, penetapan UKT cenderung belum sepenuhnya adil dan memerlukan perubahan yang menyeluruh.

Menurut pakar ekonomi tersebut, sistem UKT di PTN seringkali tidak mempertimbangkan secara proporsional kemampuan ekonomi siswa dan keluarganya. Hal ini mengakibatkan beban finansial yang berat bagi siswa dari latar belakang ekonomi menengah ke bawah. Dia menekankan bahwa UKT seharusnya disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masing-masing siswa untuk menciptakan akses yang lebih merata di pendidikan tinggi.

Pakar tersebut juga menyoroti perlunya kejelasan dan transparansi dalam penggunaan dana dari UKT untuk memastikan bahwa dana tersebut digunakan secara efektif dan efisien dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan di PTN. Dia menegaskan bahwa dengan adanya tata kelola yang baik, institusi pendidikan dapat memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik kepada peserta didik.

Selain itu, pakar ekonomi itu juga mempertimbangkan pentingnya dialog terbuka antara pihak universitas, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyusun kebijakan mengenai UKT. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kebijakan yang diambil mencerminkan aspirasi dan kebutuhan dari berbagai pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan tinggi.

Dengan demikian, reformasi dalam sistem UKT bukan hanya tentang perubahan struktural, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif dan berkeadilan bagi seluruh mahasiswa di PTN. Ini adalah langkah penting menuju sebuah sistem pendidikan tinggi yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.