July 18, 2024

Ekonomi Kita

Find Your Financial

Terdesaknya Kelas Menengah: Dampak Revolusi Industri

2 min read

Dalam era globalisasi ini, revolusi industri telah memberikan dampak yang signifikan terhadap sektor ekonomi, khususnya terhadap kelas menengah. Universitas Airlangga (Unair) mengidentifikasi bahwa perkembangan teknologi dan otomatisasi telah mengubah lanskap pekerjaan secara drastis, menghadirkan tantangan baru bagi para pekerja kelas menengah di berbagai sektor.

Revolusi industri, yang didorong oleh kemajuan teknologi seperti kecerdasan buatan dan otomatisasi, telah meningkatkan efisiensi dalam produksi namun juga mengurangi ketergantungan pada tenaga kerja manusia. Hal ini mengakibatkan perubahan permintaan tenaga kerja, di mana pekerjaan rutin cenderung digantikan oleh mesin dan algoritma.

Akibatnya, kelas menengah yang sebelumnya mengisi sektor-sektor tradisional seperti manufaktur, administrasi, dan layanan, kini menghadapi tekanan untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan pasar yang berubah. Banyak pekerja kelas menengah harus mengubah keterampilan mereka atau mengalami risiko kemiskinan atau penurunan kualitas pekerjaan mereka.

Meskipun revolusi industri menawarkan peluang baru dalam sektor-sektor seperti teknologi informasi dan digital, akses terhadap peluang ini tidak selalu merata di kalangan kelas menengah. Hal ini dapat memperlebar kesenjangan perekonomian antara mereka yang dapat mengikuti perkembangan teknologi dan yang tidak.

Menyikapi tantangan ini, penting bagi pemerintah dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan akses dan keterampilan pendidikan yang relevan bagi kelas menengah. Langkah-langkah seperti pelatihan keterampilan digital, subsidi untuk pelatihan lanjutan, dan kebijakan yang mendukung kewirausahaan dapat membantu mengurangi dampak negatif dari revolusi industri ini.

Dengan demikian, adaptasi terhadap perubahan yang cepat dan keterampilan pendidikan yang sesuai akan menjadi kunci bagi kelas menengah untuk bertahan dan berkembang di tengah revolusi industri ini. Universitas Airlangga terus mengadvokasi pentingnya persiapan yang baik dalam menghadapi masa depan ekonomi yang semakin berubah ini.

**Kesimpulan:**
Revolusi industri telah mengubah pekerjaan kelas menengah secara signifikan, memunculkan tantangan baru dan peluang dalam ekosistem ekonomi global. Adaptasi dan investasi dalam keterampilan pendidikan adalah kunci untuk memastikan kelas menengah dapat bertahan dan tumbuh di era ini.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.