July 18, 2024

Ekonomi Kita

Find Your Financial

Tips Manajemen Keuangan Pakar UNAIR untuk Generasi Sandwich

1 min read

Sebuah artikel dari Universitas Airlangga menyoroti pentingnya manajemen keuangan bagi generasi sandwich, yang terdiri dari mereka yang harus mengelola keuangan tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang tua dan anak- anak mereka.

Pakar ekonomi dari Universitas Airlangga memberikan sejumlah tips berharga untuk membantu generasi ini mengelola keuangan mereka dengan lebih efektif. Sandwich generasi sering kali menghadapi tekanan finansial yang kompleks, mengatur anggaran untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri serta tanggung jawab terhadap keluarga mereka.

Salah satu saran utama yang diberikan adalah membuat anggaran yang jelas dan disiplin untuk memadukan pengeluaran. Dengan memprioritaskan kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, dan pendidikan, mereka dapat menghindari kesulitan keuangan yang tidak perlu.

Selain itu, penting untuk membangun cadangan darurat yang cukup untuk mengatasi kejadian tak terduga seperti sakit atau kehilangan pekerjaan. Hal ini akan memberikan ketenangan pikiran dan perlindungan finansial yang lebih baik untuk masa depan.

Pakar juga pentingnya investasi dalam pendidikan finansial. Dengan memahami instrumen keuangan seperti investasi dan tabungan pensiun, generasi sandwich dapat memaksimalkan pengelolaan keuangan mereka untuk jangka panjang.

Artikel ini mengingatkan bahwa manajemen keuangan yang baik bukan hanya tentang mengatur uang, tetapi juga tentang mempersiapkan diri untuk berbagai kemungkinan di masa depan. Dengan menerapkan tips ini, generasi sandwich dapat membangun fondasi keuangan yang lebih stabil dan mengurangi stres terkait keuangan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.