July 18, 2024

Ekonomi Kita

Find Your Financial

Kemenhub Dorong Peningkatan Gaji Awak Kapal Indonesia

1 min read


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Indonesia sedang mendorong untuk meningkatkan gaji pokok bagi awak kapal Indonesia. Langkah ini diambil untuk meningkatkan kesejahteraan dan keamanan para awak kapal yang bekerja di perairan dalam dan luar negeri.

Pada Rabu (24/6), Kemenhub mengungkapkan bahwa proposal peningkatan gaji tersebut sedang dalam tahap pembahasan dengan Kementerian Ketenagakerjaan dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan. Hal ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperbaiki kondisi kerja dan penghidupan awak kapal, yang sering kali menghadapi tantangan berat di tengah laut.

Awak kapal, yang berperan penting dalam industri maritim, kerap kali harus menghadapi kondisi kerja yang keras dan jauh dari keluarga mereka untuk jangka waktu yang lama. Kenaikan gaji pokok diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kinerja mereka, serta meningkatkan daya tarik profesi ini bagi generasi muda.

Menurut Kemenhub, penetapan gaji pokok yang adil dan layak merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam menjaga kesejahteraan para pekerja maritim Indonesia, sekaligus meningkatkan kompetitivitas industri perkapalan nasional di pasar global.

Kemenhub juga menegaskan pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk asosiasi pelaut, untuk memastikan bahwa kebijakan ini dapat diimplementasikan secara efektif dan berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah untuk membangun sektor maritim sebagai tulang punggung ekonomi nasional.

Diharapkan, langkah ini tidak hanya akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan awak kapal, tetapi juga akan memperkuat posisi Indonesia di kancah internasional sebagai negara maritim yang memiliki tenaga kerja yang profesional dan terampil.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.