July 18, 2024

Ekonomi Kita

Find Your Financial

Sri Mulyani Ungkap Penyimpanan Anggaran Rp71 T untuk Program Makan Gratis

1 min read

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa anggaran sebesar Rp71 triliun untuk program makan gratis di sekolah-sekolah masih tersimpan utuh. Hal ini diungkapkan dalam rapat dengan Komisi XI DPR RI, di mana Sri Mulyani menjelaskan bahwa dana tersebut belum dapat dialokasikan sepenuhnya karena dampak dari pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Program makan gratis di sekolah adalah inisiatif pemerintah untuk memberikan makanan kepada siswa dari keluarga kurang mampu sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan anak-anak di Indonesia. Namun, penyaluran dana untuk program ini mengalami hambatan karena pandemi yang berdampak pada keterbatasan kegiatan belajar tatap muka.

Sri Mulyani juga menyoroti pentingnya penggunaan anggaran secara efektif dan efisien, terutama dalam konteks pemulihan ekonomi nasional. Dia menegaskan bahwa pemerintah terus melakukan evaluasi dan penyesuaian kebijakan fiskal untuk memastikan setiap rupiah yang dialokasikan dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat, termasuk dalam mendukung pendidikan dan kesejahteraan anak-anak.

Selain itu, Sri Mulyani juga menyampaikan komitmennya untuk terus berkoordinasi dengan lembaga terkait guna memastikan bahwa program-program seperti makan gratis di sekolah dapat berjalan lancar dan tepat sasaran. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam memastikan bahwa setiap rupiah yang digunakan dari anggaran negara memberikan dampak yang signifikan dan positif bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

Dengan demikian, penjelasan Sri Mulyani tentang anggaran Rp71 triliun untuk program makan gratis ini memberikan gambaran tentang tantangan dan upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengelola keuangan negara secara bertanggung jawab untuk kesejahteraan rakyat, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.