July 18, 2024

Ekonomi Kita

Find Your Financial

Harga Rokok Melambung: Marlboro, Gudang Garam, dan Sampoerna Makin Mahal

1 min read

Kenaikan cukai rokok yang baru saja diberlakukan membuat harga rokok semakin mahal, termasuk merek terkenal seperti Marlboro, Gudang Garam, dan Sampoerna. Kebijakan ini diambil pemerintah sebagai langkah untuk mengurangi konsumsi rokok serta meningkatkan pendapatan negara.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengumumkan bahwa kenaikan cukai ini mencapai rata-rata 10 persen. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi jumlah perokok aktif di Indonesia, terutama di kalangan remaja dan masyarakat berpenghasilan rendah. Kebijakan ini juga bertujuan untuk menekan dampak negatif kesehatan yang ditimbulkan oleh rokok.

Pengusaha rokok, termasuk PT HM Sampoerna Tbk, PT Gudang Garam Tbk, dan PT Bentoel International Investama Tbk, menyatakan bahwa mereka harus menyesuaikan harga jual produk mereka untuk mengimbangi kenaikan cukai tersebut. Marlboro, salah satu merek rokok internasional yang populer di Indonesia, juga mengalami kenaikan harga yang signifikan.

Meski harga rokok semakin mahal, permintaan diperkirakan tetap tinggi, mengingat kebiasaan merokok yang telah mengakar dalam budaya masyarakat. Namun, pemerintah berharap dengan kenaikan harga ini, konsumen akan berpikir dua kali sebelum membeli rokok, sehingga berkontribusi pada pengurangan prevalensi merokok.

Selain itu, kenaikan cukai rokok juga diharapkan dapat meningkatkan penerimaan negara yang nantinya akan digunakan untuk mendanai program-program kesehatan dan pendidikan. Pemerintah berkomitmen untuk terus memantau dampak dari kebijakan ini dan memastikan bahwa tujuan utama untuk mengurangi konsumsi rokok dan meningkatkan kesehatan masyarakat tercapai.

Dengan demikian, kenaikan harga rokok ini diharapkan membawa dampak positif jangka panjang bagi kesehatan masyarakat dan keuangan negara.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.