July 18, 2024

Ekonomi Kita

Find Your Financial

DPR Ingatkan Ancaman Krisis Finansial Pada Rupiah Melemah

1 min read

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Rudy Hartono, mengingatkan akan potensi ancaman krisis finansial yang dapat mempengaruhi stabilitas nilai tukar rupiah. Peringatan ini muncul di tengah kondisi ekonomi global yang tidak menentu, di mana fluktuasi mata uang dapat memberikan tekanan tambahan terhadap mata uang Indonesia.

Rudy Hartono menekankan pentingnya langkah-langkah proaktif dalam menjaga kestabilan ekonomi domestik, termasuk pengawasan yang ketat terhadap kebijakan fiskal dan moneter. Meskipun Indonesia telah menghadapi tantangan ekonomi yang serupa di masa lalu, peringatan ini menunjukkan bahwa prakiraan yang hati-hati dan kehati-hatian dalam pengelolaan keuangan publik tetap diperlukan.

Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) telah mengambil langkah-langkah untuk menjaga nilai tukar rupiah tetap stabil, termasuk intervensi pasar dan penyesuaian kebijakan moneter. Meskipun demikian, kerentanan terhadap gejolak eksternal seperti kenaikan suku bunga global dan ketidakpastian geopolitik tetap menjadi faktor risiko yang perlu dipantau secara cermat.

Menyikapi situasi ini, Banggar DPR berkomitmen untuk melakukan evaluasi mendalam terhadap kebijakan fiskal dan mendukung langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional. Langkah-langkah ini diharapkan dapat mengurangi dampak potensial dari ketidakpastian global terhadap perekonomian Indonesia dan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan serta inklusif bagi masyarakat.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.