July 18, 2024

Ekonomi Kita

Find Your Financial

Sri Mulyani Ungkap Dampak Rupiah Terhadap Belanja Subsidi

1 min read

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan dampak dari pelemahan nilai tukar rupiah yang tembus di level Rp16.400 terhadap belanja subsidi pemerintah. Dalam pengakuannya, pelemahan nilai tukar ini akan mempengaruhi anggaran pemerintah dalam menanggung subsidi harga barang pokok dan energi.

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat telah menjadi perhatian utama dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini tidak hanya mempengaruhi daya beli masyarakat, tetapi juga mengakibatkan lonjakan harga bahan bakar dan bahan pangan yang mengandung bahan impor.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa pemerintah akan melakukan kajian mendalam untuk menyesuaikan anggaran subsidi yang telah ditetapkan dengan kondisi pasar valuta asing yang berubah-ubah. Langkah-langkah perencanaan anggaran yang tepat diperlukan untuk menjaga stabilitas ekonomi domestik dan memastikan ketersediaan barang pokok yang terjangkau bagi masyarakat.

Kondisi ini menekankan pentingnya kebijakan ekonomi yang responsif dalam menghadapi volatilitas pasar global. Pemerintah terus berkomitmen untuk menjaga keseimbangan antara perlindungan sosial bagi rakyat dan keberlanjutan fiskal negara.

Dengan demikian, langkah-langkah strategis akan diperlukan untuk mengelola dampak dari pelemahan nilai tukar rupiah ini, seiring dengan upaya untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan menjaga stabilitas harga di pasar domestik.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.