July 18, 2024

Ekonomi Kita

Find Your Financial

Deflasi Dua Bulan Berturut-turut: Alarm Bahaya Ekonomi RI

1 min read

Indeks Harga Konsumen (IHK) menunjukkan bahwa Indonesia mengalami deflasi selama dua bulan berturut-turut, mengirimkan sinyal alarm tentang potensi bahaya bagi perekonomian negara. Deflasi, atau penurunan umum dan terus-menerus dalam tingkat harga barang dan jasa, dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap stabilitas ekonomi.

Pada bulan Mei dan Juni, IHK menurun sebesar 0,05 persen dan 0,06 persen secara berturut-turut. Meskipun angka ini terlihat kecil, tren deflasi menunjukkan bahwa permintaan konsumen mungkin menurun, yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Dalam konteks ini, beberapa sektor seperti transportasi, pendidikan, dan kesehatan mengalami penurunan harga, yang mungkin mencerminkan penurunan aktivitas ekonomi di masa lalu. Namun, deflasi juga dapat menyebabkan penurunan harga, yang dapat berdampak pada pendapatan perusahaan dan kemampuan untuk membayar gaji, serta berdampak pada kemampuan untuk menghambat pertumbuhan ekonomi secara keseluruannya.

Pemerintah dan bank sentral harus mengambil langkah-langkah yang tepat dan tepat, seperti penggalangan konsumen terhadap langkah langkah yang telah untuk mengantisipasi upaya di tingkat yang

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.